Selasa, 11 Februari 2014

Latihan Pemadaman Api Bagi Karyawan BRI Kebumen

Latihan Pemadaman Api Bagi Karyawan BRI Kebumen

Seperti kita ketahui bersama, bahwa bencana kebakaran merupakan bencana yang tidak mengenal musim, atau pola tertentu. Salah satu hal yang berbeda dengan bencana lain adalah  bencana  kebakaran selalu ada factor human error, hanya motivasinya sengaja atau tidak dan semua kebakaran dimulai dari kebakaran kecil.

Pelatihan Pemadaman Api Bagi karyawan BRI Kab Kebumen oleh BPBD Kebumen

Untuk itu pengetahuan tentang bagaiamana memadamkan api sejak api masih kecil sangat menentukan terhadap tingkat kerugian dan tingkat kesulitan dalam memadamkan.  Apalagi kebakaran yang terjadi terhadapa fasilitas umum akan berdampak tidak hanya pada kerusakan tetapi juga kerugian yang besar.  Kerugian akibat kebakaran fasilitas umum diantaranya lumpuhnya perekonomian, kehilangan mata pencaharian. Jika terjadi kebakaran pada sebuah bank, resiko macetnya bisnis nasabah akibat cash flow yang terganggu.  Sehingga sangat  tepatlah, jika perbankan menjadi fasilitas umum yang harus dijaga dari resiko kebakaran.


Pelatihan dimulai dengan teori di dalam kelas, diikuti dengan praktek di lapangan.  Praktek di lapangan dimulai dengan pengenalan api, pemadaman dengan menggunakan sarana seadanya, pemadaman dengan APAR dan terakhir merasakan bagaimana memadamkan kebakaran dengan mobil Damkar.
Briefing Sebelum Praktek Pelatihan Pemadaman Api Bagi Karyawan BRI kebumen oleh BPBD Kebumen



Harapannya bahwa karyawan dalam menghadapi kebakaran dapat tenang dan memadamkan api sejak api masih kecil.  Pelatihan belum mencakup pelatihan menghadapi kebakaran besar di tempat bekerja. Untuk menghadapi kebakaran besar di tempat bekerja peserta harus sudah terlatih memadamkan api kecil, dan pelatihan langsung ditempat bekerja. Pelatihan seperti ini dibutuhkan pembagian tugas yang baik, karena semua harus berperan, didukung scenario yang mantap.

Peserta Pelatihan melaksanakan Praktek Pemadaman Api dengan Karung Basah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar